Selasa, 15 Agustus 2017

Khasiat kopi arabica sehingga orang banyak yang mengkonsumsinya

Pernah membaca katanyanya kopi arabica ini menjadi konsumsi dunia sebesar 70 %, dari sini pun saya penasaran apa Khasiat kopi arabica sehingga orang banyak yang mengkonsumsinya.

Di Indonesia sendiri katanya robusta yang menguasai pasar Nasional Indonesia, berarti arabica ini kebanyakan di konsumsi diluar negeri, untuk mendapatkan pengetahuan ini saya pun mencari informasi, apa sebenarnya Khasiat kopi arabica sehingga orang banyak yang mengkonsumsinya.

Salah Satu Produk Arabika dari Pemalang - Jawa Tengah

Dari informasi yang saya dapatkan, dikutip dari sumbernya  khasiat.co.id menyebutkan bawah ada 10 khasiat kopi arabika diantaranya :

1. Mencegah kanker
Khasiat kopi arabika juga bisa membantu anda di dalam mencegah kanker. Kanker merupakan sebuah penyakit yang sangatlah mematik. Kopi merupakan sebuah minuman yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan bisa membantu menekan risiko gejala kanker di tubuh.

2. Menjaga kesehatan mulut
Kopi telah memiliki sifat yang anti bakteri terhadap kebersihan mulut anda. Tentu, hal ini bisa membant anda di dalam menyembuhkan gigi berlubang, infeksi gusi dan juga plak. Jadi, dengan hal ini bisa menekan risiko terkena oleh kanker mulut menjadi lebih baik dan bisa untuk dicegahnya.

3. Meningkatkan stamina
Minuman kopi sudah dari dahulu telah dipercaya memiliki kandungan kafein yang sangatlah tinggi. Kandungan kafein yang tinggi ini bisa membantu anda di dalam meningkatkan stamina di dalam tubuh anda supaya tetapi terjaga dan juga membuat anda menjadi lebih segar.

4. Mencegah parkinson
Parkinson merupakan sebuah penyakit yang sangatlah populer dimana telah disebabkan akibat deggradasi dari fungsi saraf yang ada di tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi kopi secara rutin nantinya bisa membantu anda di dalam meningkatkan perlindungan tubuh terhadap penyakit seperti parkinson.

5. Mengurangi risiko alzheimer
Alzheimer merupakan sebauh penyakit dimana biasanya menyerang seseorang yang sudah berusia tua seperti 65 tahun keatas. Kopi telah dipercaya memiliki kandungan yang bisa melindungi anda dari penyakit yang berhubungan dengan degradasi di dalam fungsi saraf.

6. Meningkatkan mood
Masih banyak orang yang belum sadar bahwa dia bisa menjadi lebih bergairah dan juga ceria pada saat meminum kopi. Minuman ini merupakan sebuah minuman yang bisa emmbantu seseorang untuk meningkatkan moodnya. Tentu, hal ini sangatlah baik sekali karena bisa memberikan efek korelasi pada kebahagiaan.

7. Mengatasi stress
Stress akibat pekerjaan atau aktivitas sehari hari merupakan salah satu hal yang biasa dialami oleh banyak orang. Untuk mengatasi hal ini, meminum kopi merupakan salah satu hal yang baik untuk menenangkan pikiran anda supaya menjadi lebih rileks dan santai. Dengan pikiran yang rileks nantinya akan membantu anda di dalam mengurangi ataupun mengatasi stress.

8. Menangkal radikal bebas
Radikal bebas merupakan salah satu hal yang telah diakibatkan karena paparan sinar matahari. Hal ini perlu untuk diatas salah satunya bagi anda yang bekerja diluar ruangan yang sering terkena oleh paparan sinar matahari. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam minuman ini memiliki manfaat bagi anda untuk menangkal radikal bebas yang sangatlah berbahaya dan juga bisa mengakibatkan terjadinya kanker.

9. Mengurangi potensi diabetes
Manfaat kopi lainnya juga bisa membantu anda di dalam mengurangi potensi terkena diabetes atau kadar gula darah. Kandungan di dalam kopi ini bisa membantu anda dalam melancarkan metabolisne tubuh yang nantinya akan membantu memproduksi hormon insulin yang telah dibutuhkan oleh tubuh.

10. Melancarkan metabolisme
Kopi merupakan sebuah bahan yang sangatlah baik sekali dan bisa membantu proses dari pembakaran lemak di tubuhd an bisa membantu meningkatkan produktifitas. Kandugnan kafein di dalamnya juga akan memberikan efek stimulan di saraf pusat dan akan membantu meningkatkan oksidasi lemak dan akan melancarkan proses dari metabolisme di dalam tubuh anda.


Sumber kedua yaitu dari kambingguarana03.blogspot.co.id/ menyebutkan Manfaat lebih kopi

Kopi, si hitam peredam kantuk kembali membuktikan sebagai minuman kaya khasiat, jika dalam penelitian sebelumnya dekafein, salah satu kandungan kopi, bisa mengurangi resiko diabetes, memperlancar peredaran darah dan menghilangkan pusing, ternyata kopi juga bisa membuat sperma bisa berenang lebih cepat dan merangsang kesuburan pria.

Sebuah studi yang dilakukan kelompok peneliti dari Universitas Sao Paulo, Brasil menyebutkan pria yang rutin minum secangkir kopi setiap paginya memiliki sperma yang mampu berenang lebih lincah dibanding pria yang tak pernah minum kopi di pagi hari.

Mereka meneliti 750 pria yang akan melakukan vasektomi dan membaginya dalam empat kelompok berdasarkan jumlah kopi yang mereka konsumsi, yakni: mereka yang tak minum kopi, peminum kopi ringan (antara satu sampai tiga cangkir kopi per hari), peminum kopi sedang (antara empat-enam cangkir per hari) dan peminum kopi berat (lebih dari enam cangkir per hari). Penelitian ini menggunakan ukuran skala cangkir 100ml.

Hasilnya, mereka yang mengkonsumsi kopi secara rutin setiap harinya memiliki kualitas sperma yang jauh lebih sehat dibanding yang tak mengkonsumsi kopi.
Kandungan kafein dalam kopi membantu sperma mampu berenang lebih cepat selain membantu memperbaiki sample sperma dalam proses IVF (in-vitro fertilisation), metode pembuahan di luar rahim.
Hasil penelitian tersebut diterbitkan dalam Jurnal hasil konferensi American Society for Reproductive Medicine, di San Antonio.
Sementara dalam penelitian terpisah yang dilakukan State University of New York, Buffalo menuebutkan kopi masih jauh lebih baik dari ganja yang terbukti memperpendek umur sperma, gangguan ereksi dan berpotensi mengurangi kesuburan secara signifikan.

Secangkir kopi bantu atasi mati rasa
Secangkir kopi kental mungkin memiliki lebih banyak khasiat daripada sekedar membuat orang terjaga hingga pagi hari, minuman itu juga dapat mencegah orang terserang multiple sclerosis/MS (sklerosa berganda).
Beberapa peneliti di Oklahoma mendapati tikus percobaan kelihatan terlindung dari kondisi seperti MS –mati rasa pada sekujur tubuh– dengan meminum enam hingga delapan cangkir kopi per hari. “Ini adalah temuan yang menggembirakan dan tak terduga, dan saya kira itu dapat menjadi penting bagi studi mengenai MS dan penyakit lain,” kata Linda Thompson, dari Oklahoma Medical Researh Foundation.

Kafein mencegah adenosine, salah satu dari empat blok bangunan di dalam DNA, tercampur dengan reseptornya pada tikus. Adenosine adalah molekul umum pada manusia dan memainkan peran besar dalam membantu mengendalikan proses biokimia untuk tidur dan menekan kondisi terbangun.

Temuan tersebut dapat memiliki dampak penting bagi penyakit lain auto-imun seperti lupus dan radang sendi, kata peneliti itu. Namun, masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam penelitian lebih lanjut karena tikus bukan manusia, sehingga mungkin tak terlalu meyakinkan apakah kafein akan memiliki dampak yang sama pada manusia yang mudah terserang MS tanpa ujicoba lebih lanjut.

Sumber ketiga ramesia.com menyebutkan Keutamaan dan Manfaat Kopi Arabika Perlu untuk diketahui, aktivitas meminum kopi diselingi makan akan berdampak baik untuk kesehatan. Bermacam manfaat kopi arabika untuk tubuh ialah sebagai berikut.

Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari AKG.
Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari AKG.
Mangan dan Kalium: 3% dari AKG.
Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKG.
Manfaat Kopi Arabika Untuk Kesehatan
Banyak masyarakat yang menyukai kenikmatan secangkir kopi, tapi dibalik nikmatnya terdapat bermacam-macam manfaat. Berikut ini beberapa manfaat kopi arabika di antaranya adalah:

1. Penambah Stamina

Kopi mempunyai kandungan zat kafein yang tinggi. Adenosin didalam tubuh bekerja sebagai sel yang menyebabkan rasa ingin tidur kepada otak. Kafein dalam kopi menyebabkan kinerja sel dan menjadikan pergerakannya lebih pelan. Maka akan membuat perasaan segar lebih lama.

2. Mencegah Kanker

Antioksidan pada kopi bisa melawan resiko gejala kanker pada tubuh. Menurut Penelitian di Jepang pada sejumlah wanita yang mengonsumsi kopi 2 kali sehari, kemungkinan terjadinya kanker usus besar berkurang kurang lebih 25%.

3. Kopi Menjaga Kesehatan Mulut

Kopi mempunyai sifat anti bakterial yang bagus untuk kebersihan mulut. Hal ini bisa mempercepat penyembuhan gigi berlubang, plak dan infeksi gusi. Tentu saja berpeluang besar untuk menekan resiko kanker mulut.

4. Mengurangi Resiko Diabetes

Penghambatan penyerapan gula bisa dilakukan dengan mengonsumsi kopi. Kandungan zat asam klorogenat mempercepat kinerja hal ini pada pertumbuhan terbentuknya insulin. Para ahli sudah membuktikan bahwa penyakit diabetes yang terjangkit pada seseorang, bisa diturunkan sebesar 50% berkat manfaat kopi arabika.

5. Menurunkan Resiko Penyakit Alzheimer dan Demensia

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang kebanyakan menyerang orang yang telah memiliki usia 65 tahun lebih. Kopi juga sudah terbukti bisa meningkatkan perlindungan kepada penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf.

6. Mencegah Parkinson

Selain penyakit alzheimer, parkinson merupakan satu dari banyaknya penyakit terpopuler yang penyebabnya berasal dari degradasi fungsi saraf didalam tubuh manusia. Konsumsi kopi secara rutin dapat meningkatkan perlindungan dari penyakit parkinson.

7. Menambah Mood

Banyak sekali orang yang secara tak sadar lebih bergairah dan ceria ketika mengonsumsi kopi. Kopi pada dasarnya merupakan salah satu hidangan yang bisa meningkatkan semangat seseorang, tidak hanya itu ia juga bisa memberikan efek korelasi pada kebahagiaan.



Manfaat Kopi Arabika Bagi Kecantikan
Selain manfaatnya yang bagus untuk kesehatan, kopi sering digunakan sebagai media perawatan kecantikan. Inilah beberapa manfaatnya.

1. Kopi Sebagai Masker Wajah

Manfaat kopi arabika banyak dipakai untuk pembuatan masker wajah pada salon-salon kecantikan. Fungsihnya ialah bisa membuat kulit lebih kencang dan mengangkat sel-sel kulit mati. Kopi juga dapat digunakan sebagai krim anti mikroba untuk membersihkan wajah.

2. Pemeliharaan Kulit Kepala

Menurut penelitian para ahli, kandungan kafein pada kopi melahirkannya sebagai anti kerontokan rambut. Antioksidan tersebut yang terdapat pada kopi memiliki peran aktif untuk melindungi kulit kepala.

3. Menyejukan Kulit Tubuh

Manfaat kopi arabika memaksimalkan pelepasan sel-sel kulit mati yang berdampak pada peremajaan kulit, maka kulit tampak selalu sehat dan bercahaya. Cukup gunakan scrub berbahan kopi sebagai pemeliharaan kulit secara terus menerus.

4. Kegunaan Kopi Untuk Pedicure dan Manicure

Aromaterapi bubuk kopi membantu membersihkan siku hitam dan tumit kaki yang pecah. Tidak hanya itu, kopi juga ternyata dapat digunakan untuk mempercepat proses kekencangan kulit tubuh serta membantu mencegah penuaan dini.

5. Ampas Kopi Sangat Baik Sebagai Mengencangkan Wajah

Banyak orang yang sudah merasakan betapa ampas kopi memiliki peran penting bagi kecantikan. Hanya dengan membuat ampas kopi sebagai masker, sehingga dapat menambah kekencangan kulit hingga membuatnya lebih mudah terawat.

Demikianlah kutipan artikel khasiat kopi bagi kesehatan dan juga perannya untuk bermacam-macam masalah kesehatan lainnya, Semoga bermanfaat bagi Anda para coffe lover.

0 komentar:

Posting Komentar